Monday, March 21, 2016

School of Physics


 Kegiatan yang biasa, belajar fisika. Di luar kampus, di tempat yang nyaman,  beberapa mungkin tempat wisata, tetapi tidak untuk rekreasi, untuk belajar.

 Topik biasanya dipilih, jadi ada SOP Mekanika (di Borobudur, Magelang), SOP Quantum di Kaliurang. Yang terakhir adalah SOP Gravitasi di Batu, Malang. 

Peserta boleh berasal dari manapun. SOP pertama diikuti oleh mahasiswa S2 UGM dari lab KAM (Kosmologi, Astrofisik dan Fisika Matematik), dengan tema Classical Mechanics Weekend. 

Seiring waktu, peserta mulai berkembang. SOP Quantum di Kaliurang Yogyakarta diikuti oleh peserta dari UGM, UNY, UAD, Yogyakarta, Unnes Semarang, UM Malang, ITS Surabaya.

SOP pernah keluar dari Yogyakarta (ehm,  bahkan yang pertama di Magelang, :) ). Pernah dilakukan di Semarang. 

Kali ini diadakan di Batu, Malang Raya, Jawa Timur. Dengan empat panitia, secara tak resmi berjumlah 4¾. Tanpa ketua, tanpa struktur. Lha kok bisa? Heh, ada SOP sebelum ini yang bahkan cuma 1 orang panitia, dengan struktur (ketua, sekretaris, bendahara, sie konsumsi, dilakukan satu orang :) ). SOP selalu unik. Tak apa, asal peserta nyaman untuk belajar.

Biaya diusahakan seminimal mungkin, untuk kegiatan selama tiga hari dua malam, biaya menginap dan makan, peserta membayar sekitar Rp.200.000 (bisa lebih bisa kurang, tetapi tidak jauh-jauh dari itu).

OK, itu murah, lumayan, trus apa istimewa-nya? 

Ehm, pemateri tidak dibayar, :)

Yeah,  pemateri membayar seperti peserta biasa. Berangkat sendiri ke tempat acara, dan membayari biaya transport sendiri. Ini menjelaskan kenapa biaya SOP bisa sangat murah. Tak ada anggaran untuk honor pemateri.

Lho kok mau? 

Eh, justru bagus kan? Pemateri yang bersedia  adalah pemateri yang datang bukan untuk uang, melainkan memang benar-benar ingin transfer ilmu.

Jadwal yang penuh dengan materi tanpa rekreasi  juga strategi yang bagus. Hanya yang ingin belajar fisika yang ikut. Cuma sedikit? Tidak juga. Gimana kalo ternyata cuma sedikit? Tidak masalah, justru belajar jadi lebih nyaman.

Benar-benar tak ada rekreasi? Yup. Jika ingin, bisa dilakukan setelah bangun tidur pagi hari (kemarin tidak mungkin, jam 5 pagi bersuhu 17 C, :) ). Bisa juga dilakukan saat istirahat makan siang (petik apel tanah seperti yang dilakukan Deny sama Syawal)

Bisa juga dilakukan di hari terakhir setelah penutupan. Kegiatan hari terakhir SOP biasanya hingga pukul 12.00, sudah termasuk penutupan.

Begitulah, School of Physics.

Asyiknya, seperti jet-lag, selang beberapa hari setelah kegiatan, handphone tak henti-hentinya dapat notifikasi  "like" setelah upload foto-foto di facebook, :)