Monday, February 8, 2016

Megatruh.


 Karena ingin terlihat gaul, ia minta dipanggil Megi.

 Belakangan ia sadar kalo panggilannya hampir tak terbedakan dengan Meggy Z, penyanyi dangdut. Meski tetangga-tetangga yang terdiri dari emak-emak menganggap itu keren karena  Meggy Z menemani mereka  bergunjing sambil mencari kutu tiap pagi, Megatruh berniat cari panggilan lain

 Sekarang minta dipanggil Maxx,

 Well, itu sebenarnya juga hampir tak terbedakan dengan panggilan 'Emak', tapi kalo dia suka yah, sudahlah.

 Aku lebih suka memanggilnya Mega, meski secara tata bahasa salah.




 Megatruh, seperti yang telah diduga, berasal dari dua kata, tetapi bukan 'mega' dan 'truh', melainkan 'megat' dan 'ruh', yang artinya memotong roh, memutus nyawa, ... .

 Memang ngeri, namun memang demikian adanya. Tembang Megatruh, di mana dia mendapatkan nama, juga merupakan tembang yang menceritakan sesuatu yang bersifat sedih.

 Ehm, untuk menetralisir itu, panggil saja Mega, toh panggilan Megat terlihat kurang cool, :)

 Lahir saat RRI adalah hiburan utama sehari-hari, radio FM belum dikenal, televisi hitam putih adalah barang mewah nan langka, apalagi yang warna (jelas asal namanya bukan dari kata "Megatron").

 Dari keluarga jawa murni, namanya diambil dari salah satu jenis tembang sekar madya. lihat saja di wiki:

 "Megatruh utawa Dudukwuluh iku kalebu tembang sekar madya. Wateké prihatin lan getun pungun-pungun (Indonesia "rasa sakit hati karena rindu") . Megatruh ateges pegat ing ruh, yaiku saget milah-milah pundi ingkang saé pundi ingkang awon, lan ingkang awon dipun bucal, wondené ingkang saé saged kanggé patokan ing pagesangan."

 Jelas kan? :)

 Oh, baiklah. Dia bilang, kata ibuknya, yang juga kata ibuk dari ibuknya yang tahu dari mbah anu... .  Megatruh artinya bisa memilih mana yang baik dana mana yang buruk. Yang buruk dibuang sedangkan yang baik dapat digunakan sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan.

 Sesuai namanya dia tumbuh sebagai seorang yang baik.

 Setidaknya menurut dirinya sendiri.