Friday, September 18, 2015

#MelawanAsap (Misal Mungkin)


 DPR tidak digaji? Mungkinkah? Adakah yang mau jadi wakil rakyat jika demikian?

 Buat aturan/larangan pembabatan hutan, atau pembakaran, dengan alasan apapun. Oh, sudah ada ya.

 Anu, terus kalo negara membutuhkan lahan untuk pangan gimana hayo? Ehm, Jepang sagat kekurangan lahan untuk tanaman pangan, tapi tak ada kabar mereka membakar hutan. Mereka punya jalur aspal mulus ke semua puncak gunung, hingga ada  "Hashiriya", istilah untuk "downhill driver". [Kita nggak mungkin downhill di aspal pegunungan di Indonesia, (misal Panggul, atau Munjungan, Trenggalek, :) )]. Namun meski jalan ke gunung dan hutan sudah mulus, tak ada truk pengangkut kayu illegal hasil pembabatan hutan di sana.



 Bagaimana kebutuhan lahan tuk tanaman pangan kita? Kalau di buku-buku SD saya jaman dulu ada yang namanya intensifikasi dan ekstensifikasi.

 Memang, dengan menggunakan cara-cara baru, awalnya akan sangat susah dan memakan banyak biaya (mungkin itulah kenapa banyak yang membakar hutan [atau tak sengaja hutannya terbakar]), sebuah longshot, keuntungannya baru bisa dinikmati setelah lama kemudian, bertahun-tahun.

 Apa hubungannya dengan DPR yang tidak digaji? Eh, saya juga tidak tahu kenapa menulis itu, tapi mau dihapus juga sayang, bahan tulisan yang bagus, :)