Thursday, September 17, 2015

#MelawanAsap (Angan-angan)



 Buat sensor asap, juga  sudah banyak tersedia atau buat sendiri, hubungkan ke microcontroller.

 Gunakan arduino versi kecil (nano atau mikro), lengkapi dengan modul gsm untuk berkomunikasi dengan pengontrol (yang bisa diletakkan di semacam kantor pengawas/pengendali kebakaran hutan).

 Untuk daya dapat digunakan panel surya kecil (sekaligus pelindung unit dari sinar matahari dan hujan). Kelebihan daya dapat disimpan dengan baterai Li-Ion atau Li-Polymer atau semacam powerbank yang banyak terdapat di pasaran. Baterai ini berfungsi sebagai sumber daya di malam hari.

 Unit harus melaporkan status secara berkala, bisa setiap hari atau setiap jam. Informasi yang dilaporkan ke pangendali melewati modul GSM dapat berupa level asap di sekitar unit, suhu (jika ada). Pelaporan ini juga berfungsi sebagai monitor unit itu sendiri. Jika unit tidak melapor maka kemungkinan unit rusak atau dirusak sehingga perlu ada petugas (mungkin dengan beberapa polisi hutan bersenjata) yang mengecek alat tersebut.


 Satu unit sensor akan berharga kurang dari satu juta. Hal ini karena modul GSM lebih mahal dari arduino (mikrokontroller). Akan lebih murah jika bisa membuat komunikasi dengan hp GSM/CDMA  via AT Command (mungkin bisa, saya belum pernah mencoba kemungkinan yang ini).

 Tentu saja tidak hanya satu sensor yang diletakkan di area hutan atau perkebunan. Beberapa sensor diletakkan sedemikian sehigga dapat mendeteksi asap di radius misal 10 km sehingga jarak antara sensor satu dengan lainnya adalah 20 km. Masing-masing sensor dilengkapi dengan identitas unik yang berisi informasi lokasi sensor tersebut sehingga, jika sebuah unit tidak melapor, petugas akan tahu letak unit tersebut di mana.

 Unit ini bukan pengganti patroli hutan, lebih seperti alat bantu petugas patroli hutan untuk menunjukkan arah  ke area mana yang memerlukan perhatian lebih.

 Modul kamera bisa ditambahkan untuk merekam situasi secara realtime, mounting kamera dibuat sedemikian sehingga kamera dapat berputar 360º untuk merekam kondisi sekitar unit. Hal ini berguna untuk mengetahui misal ada oknum yang merusak unit. Tentu saja penambahan sistem kamera semacam ini akan menambah biaya dan menambah beban baterai.

 Akan terlalu ambisius misal ditambahkan sistem pemadam kebakaran otomatis, selain karena mahal, juga....., yeah,. .. terlalu ambisius, :D