Tuesday, August 18, 2015

Ini Akkord C7/9, C9 atau Cadd9?

 Di beberapa "buku lagu beserta kunci", terdapat  kunci-kunci "tidak standar" semacam Cadd9, sangat sering, tapi tidak sesering C7.

 Yang kurang sering adalah Cmaj7, kecuali di lagu-lagu yang agak nge-jazz.

 Yang langka di buku-buku lagu yang kita lihat di toko buku adalah kunci-kunci semacam C7#9, hehehe...

 Bagaimana pembentukan kunci-kunci sehingga mendapatkan nama demikian? Well, lumayan mudah, setidaknya jika kita menggunakan keyboard.

 (tapi juga bukan keyboard aneh macam gini, :D )





 Tentu kita harus tahu, (dan mungkin sudah tahu) bahwa kunci C terdiri dari tiga nada C E G, mudah sekali di keyboard, tiga tuts putih, dimulai dari C (tuts putih di sebelah kiri dua tuts hitam), dua nada berikutnya di kanan tuts pertama, masing-masing berjarak satu tuts putih, tak perlu menekan tombol hitam, :)

 OK, tambahkan satu nada lagi, nada B, (jarak satu tuts lagi, :) ), nah, sekarang kita punya kunci Cmaj7, akkord empat nada

 Tambahkan satu nada lagi, nada d, sekarang kita punya kunci Cmaj9, sebuah akkord/kunci dengan lima nada

 Bagaimana jika kita tambahkan satu lagi, nada f, kita akan mendengar kunci Cmaj11 (enam nada). Di beberapa teori musik, Cmaj11 hanya memiliki lima nada, dengan menghilangkan nada d. Artinya Cmaj7 akan menjadi kunci Cmaj11 jika kita tambahkan nada f (nada ke 11).

 Hal yang sama bisa kita lakukan dengan menambahkan kunci Cmaj7 dengan nada a (nada ke13) untuk membentuk kunci Cmaj13.

 Sama seperti akkord Cmaj11, akkord Cmaj13 bisa memiliki nada d ataupun tidak. (nanti akan bepengaruh pada altered akkord, nanti...:P )

 Bagaimana dengan C7, C9, C11, C13? Kita bisa mendapatkan itu dari kunci sebelumnya, dengan menggeser nada maj7 sehingga menjadi nada 7, nada yang mana? Nada B, geser dia menjadi Bb (bes, tuts hitam di kiri B). Semua kunci maj kita sekarang kehilangan "maj" di namanya, :)

 Bagaimana dengan Cm7, Cm9, Cm11, Cm13? Tinggal geser nada ketiga, E, menjadi Eb (Es, tuts hitam di kiri E). Kunci C7 kita akan otomatis jadi Cm7, begitu juga dengan 9,11,13

 Eh, ada lagi, CmMaj7, CmMaj9, CmMaj11, CmMaj13? Itu adalah kunci Cmaj7 dengan nada ketiga diturunkan setengah, yaitu nada E, menjadi Eb (Es, tuts hitam di kiri E)

 Apa beda C9 dengan Cadd9? C9 adalah kunci C7 dengan tambahan nada ke 9 (d), sedangkan Cadd9 adalah kunci C dengan tambahan nada ke 9 (d). Jika kunci C9 memiliki nada C E G Bb d, kunci Cadd9 memiliki nada C E G d.

(Altered Chord)

 Bagaimana dengan kunci C7#9, itu adalah kunci C9 (atau bisa dilihat sebagai C7) tetapi dengan  nada ke sembilan (d) dinaikkan setengah, menjadi d# (dis, tuts hitam di kanan d)

 C7b5, adalah kunci C9 dengan nada ke lima (G) diturunkan setengah nada, menjadi Gb (Ges, tuts hitam di kiri G)

 Dengan cara yang sama kita bisa melihat C7b9b5 sebagai C7 dengan nada ke-9 (d) dan ke-5 (G) diturunkan setengah , menjadi db dan Gb. Juga berbagai variasi altered chord (akkord peralihan) lain, semacam C7#9b5, C7#9#5.

 Jika sudah terbiasa dengan notasi kunci tersebut, kita akan dengan mudah membaca kunci-kunci peralihan lain semacam Cmaj9#11 atau Cmaj7#11

 Variasi penulisan lain biasaya adalah C7/9 atau C7/9/#11

Kebanyakan kunci-kunci peralihan tersebut berbunyi parau atau fals atau "terdengar salah", sehingga hanya digunakan untuk mendapatkan efek dramatis (seperti di film-film horor) atau sebagai pengantar untuk menuju akkord yang lebih manis (seperti Cmaj7 atau Cm7) atau akkord ending yang melayang seperti Cmaj9.