Wednesday, August 27, 2014

Tantrum

 Disalah satu kegiatan guru PAUD. 

Setelah ujian. 

"Mas, Tantrum itu apa?" kata seorang ibu yang masih pegang clipper tuk tatakan lembar jawaban komputer 

Ibu ber-sweater di sebelahnya nyeletuk "Weleh, yo jelas masnya gak ngerti, lha wong dari fisika kok ditanya gitu." 

"Ehehe, tahu mas?" kata ibu yang membawa clipper itu

"Tantrum bahasa inggris to bu? Kalo itu artinya tiba-tiba ngamuk"

...

"Masak sih?"

Ibu ber-sweater mengambil alih "Hm, maksudnya masnya ini mungkin anak yang sering muter-muter kelas"


"err, anu, bukan itu..., maksud saya..."


"Oh, gitu ya, berarti tadi njawabku bener, gangguan motorik kasar dan halus, kan anak tantrum itu yang lari-lari terus di kelas." kata ibu itu sambil memasukkan clipper ke tas hitam mengkilat tanpa resleting (ehm, replika hermes kah, atau asli?)


"Iya, aku juga njawab yang itu" kata ibu bersweater

"Bu, anu tantrum itu...."

"Wah syukurlah tadi njawabnya itu" sambil ngeloyor, clippernya menyembul dari tas hitam mengkilap itu, terlalu besar.

(Ada yang nggremeng di kejauhan, "waduh, tadi aku njawab emosi dan sosial")


Ibu bersweater masih semangat  cerita, entah ke siapa karena sudah gak ada yang lain di dekatnya 

"Lha iya, gimana sih, banyak yang soalnya salah, kriya tuh apa hayo artinya, bahasa apaan tuh, harusnya kan karya" 

....,

Duh, lha kalo baca soalnya saja salah, gimana njawabnya nih. 

Jawaban konfirmasiku dianggap salah karena aku berlatarbelakang fisika :)



(tan·trum

ˈtantrəm/

noun
an uncontrolled outburst of anger and frustration, typically in a young child.

"he has temper tantrums if he can't get his own way"

synonyms: fit of temper, fit of rage, fit, outburst, pet, paroxysm, frenzy, bad mood, mood, huff, scene; 

informal hissy fit
"how can you tolerate his tantrums?"
)