Sunday, July 6, 2014

Vegan

Minggu,

males ngampus, 

sendiri di rumah, 

ide jahil muncul. 

Masakan Vegan ... 

Kupas beberapa kentang, potong besar-besar (atau kecil), cuci, masukkan panci. 


Perlakukan tahu putih mentah dengan cara yang sama ( I don't like fried tofu). 

Cuci beberapa tomat (atau banyak tomat, kesukaanku :) ), iris tipis-tipis (atau tebal-tebal, atau kotak-kotak), masukkan panci juga, gabung dengan kentang. 

Cuci banyak cabe (atau sedikit), belah mereka, buang isinya , atau tidak usah jika suka, atau jangan dibuang tapi di tanam di halaman depan buat masak semester depan atau..., anyway, masukkan ke panci juga

(eh di kulkas ternyata banyak sasaran)

Kupas jahe, cuci, bakar, haluskan dengan cara diuleg di cobek

Kupas kunyit, cuci, haluskan juga

Ups, ada kemiri, uleg juga ah...

Juga ada merica

Ehm, lupa bumbu utama, uleg bawang merah, bawang putih dan garam di cobek, tambahkan cabe juga (yang ini diuleg, yang tadi sekedar nyemplung panci)

Hati-hati saat bekerja dengan cabe-cabean, kurang perhatian dikit tangan bisa panas (istilah jawa "wedangen"), seperti yang saya alami sekarang, post ini ditulis beberapa menit setelah nguleg cabe, :)

Masukkan hasil ulegan ke panci, dengan sendok, jika masih ada sisa di cobek dan sayang tuk dibuang, tambahkan air ke cobek, aduk dengan sendok sampai bumbu yang menempel cobek lepas, siramkan ke dalam panci, cuci cobek hingga bersih,  ups kayaknya ini juga yang bikin tangan panas. 

Masak dengan api sedang, hingga mendidih. Jangan lupa dicek rasanya, jangan-jangan kurang garam. (yang pasti sangat pedas, :) )

Siap dihabiskan, :)

(ini bukan menu)

(ini bukan petunjuk memasak)

(ini proses sungguhan)

(hanya berbagi pengalaman)